Senin, 24 September 2012

Pentingnya Organisasi bagi Mahasiswa




Apa sih pentingnya organisasi bagi mahasiswa? 
Pertanyaan itu biasanya terngiang-ngiang dalam diri setiap mahasiswa yang baru akan mulai beradaptasi. Mungkin beberapa orang akan berasumsi kalau berorganisasi di kampus itu nggak terlalu penting yang terpenting adalah bisa dapat IP tinggi dan lulus dengan cumlaude, Organisasi hanya membuang-buang waktu dan menghambat kuliah. Karena biasanya yang dibutuhkan dalam pekerjaan adalah IP yang tinggi. 

Namun bagi orang yang sadar dan mempunyai rasa kepedulian sosial tinggi pasti akan berpikir sebaliknya. Organisasi adalah bagian vital dalam diri seorang mahasiswa. Dengan mengikuti organisasi, secara tak langsung softskill kita akan ikut berkembang. Hal tersebut akan sangat berguna untuk ke depannya.

Jika kita menengok perkembangan mahasiswa jaman sekarang ini, sangat berbeda jauh dengan dulu. Jaman sekarang mahasiswa lebih cenderung bersifat pragmatis. Mereka lebih memilih untuk pergi ke mall, main game atau bahkan pacaran ketika ada waktu senggang saat kuliah. Dibanding dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh organisaasi mahasiswa. Mereka beralasan kalau jadwal kuliah tabrakan dengan kegiatan tersebut, sehingga tidak bisa hadir. Padahal, jelas2 hal ini bisa ditangani jika bisa memanajemen waktu dengn baik. Terbukti beberapa mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi bisa sukses, karena mereka memiliki manajemen waktu yang baik.

Sebenarnya banyak sekali pelajaran dan pendidikan yang didapatkan dalam berorganisasi. Didalam organisasi kita bisa belajar disiplin, menghargai waktu, menghargai orang lain, kita dapat mempelajari teknik berkomunikasi dan bersosialisasi dengan berbagai macam karakter manusia dan budaya yang kelak akan berguna bagi diri kita, disamping itu kita juga dapat mengaplikasikan segala ilmu yang telah kita dapatkan, implementasi ilmu dalam bentuk konkrit bukan sekedar teori dan masih banyak lagi manfaat organisasi. 

Berikut lebih detailnya tentang manfaat berorganisasi :

1) Melatih Leadership
Dengan mengikuti organisasi, kita bisa melatih jiwa kepemimpian kita. Kita diharuskan untuk bisa mengelola atau bertanggung jawab dalam mengatur suatu acara. Jiwa tanggung jawab dan kerjasama akan digunakan agar dapat menghasilkan acara yang sukses. Selain itu, kita akan dibiasakan untuk  mengutarakan pendapat kita. Nah, secara rutin maka softskill kita akan berkembang meskipun kita tak menyadarinya.

2) Belajar Manajemen waktu
Bagi orang yang aktif dalam berorganisasi mereka pasti akan berusaha untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar kuliah tak terbengkalai namun organisasi tetap berjalan. Mungkin pada awalnya hal ini akan terasa berat. Namun jika rutin dilakukan, ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang positif. Kebiasaan ini akan melekat pada dirimu dan terus berlanjut hingga di dunia kerja. Saat itulah akan terasa dampaknya, kamu bisa dengan mudah mengatur waktu kerja ketika banyak pekerjaan yang menumpuk karena saat kuliah sudah biasa mengatur waktu.

3) Menambah banyak kawan
Dengan mengikuti oraganisasi, tentu kawan kita akan bertambah. Tidak hanya dalam ruang lingkup kampus, namun bisa di luar juga. Di masa depan, teman2 ini akan membantu kita dalam dunia kerja. Bisa saja salah satu teman kita nanti sukses menjadi presiden, nah kita bisa dipermudah dalam mencari kesempatan kerja. Semakain banyak teman, semakin luas jaringan yang kita miliki.

4) Menambah pengalaman & Untuk mengisi CV kerja
Ini bisasanya tujuan utama para mahasiswa ikut organisasi yakni mencari pengalaman dan mengisi CV lamaran pekerjaaan. Saat akan melamar pekerjaan biasanya akan ditanyakan tentang pengalaman dalam organisasi. Beberapa perusahaan biasanya akan mengutamakan pelamar yang mempunyai banyak pengalaman organiasai tinimbang akademis yang tinggi. Karena softskill yang baik sangat dibutuhkan. 

5) Mengasah kemampuan dalam berkomunikasi
Dalam suatu organisasi akan banyak karakter dari teman-teman kita yang berbeda. Ada yang berkarakter emosional, pendiam, banyak omong, dll. Sedikit-demi sedikit kita akan terbiasa dan memahami karakter mereka sehingga saat berkomunikasi kita bisa menggunakan cara yang sesuai. Misal untuk orang yang emosional, lebih baik kita bicara dengan pelan-pelan dan jangan sampai menyinggung perasaanya. Semua itu akan kita dapatkan dalam suatu organisasi,

Nah..mungkin itu cuma sedikit yang saya beberkan dari manfaat organisasi bagi mahasiswa. Sebenarnya masih banyak lagi. Kita bisa merasakan dampaknya nanti setelah dalam dunia kerja. SEmua yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil. Dan semua itu tidak akan ada sia-sia. ^_^

source : 

0 komentar:

Posting Komentar